5 Inspirasi Bisnis Jajanan Kekinian

Tahun 2020, tahunnya generasi milenial yang selalu mencoba hal baru. Salah satunya coba-coba makanan. Bisnis jajanan kekinian adalah bidang bisnis yang tak pernah lekang oleh waktu, terutama potensial untuk meraup untung bisa kembali dalam waktu yang relatif singkat.

Macam-macam kuliner kekinian yang ditawarkan saat ini dipengaruhi oleh tren jajanan yang sedang hits di pasaran atau dibawa oleh pengaruh selebgram dan influencer. Berikut lima inspirasi bisnis jajanan kekinian yang bisa dicoba di tahun ini.

1. Baso Aci

Aci sering menjadi jajanan yang mudah diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Salah satunya adalah baso aci, menjadi favorit penikmat aci hingga saat ini. Peluang bisnis yang diberikan dari jajanan kekinian ini cukup besar karena bisa dipasarkan secara online ataupun membuka kedai kecil karena peminatnya cukup banyak karena harganya yang terjangkau.

Bahkan baso aci dalam bentuk kemasan beku dapat dijadikan pilihan untuk memulai bisnis baso aci. Untuk seporsi baso aci, terdiri dari bakso berbahan dasar aci dan daging, cuanci, serta tahu goreng. Adapula bahan tambahan untuk menambah citarasa baso aci ini, yaitu potongan jeruk nipis, bumbu bubuk dan sambal. Proses membuatnya juga mudah, isian bakso aci dan daging serta cuanci dipanaskan bersama kuah baso aci hingga mendidih. Kemudian dicampur dengan bumbu bubuk dan beri sedikit perasan jeruk nipis dan sambal.

2. Olahan Pisang Goreng

Pisang goreng, identik dengan gorengan merakyat ini menjadi terkenal setelah putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep membuka usaha olahan pisang goreng bernama Sang Pisang. Berbagai macam olahan pisang goreng dapat dijadikan bisnis jajanan kekinian yang menghasilkan banyak cuan. Harga dan dapat dinikmati di segala suasana menjadikan pisang goreng sebagai jajanan sepanjang masa tanpa mengenal usia konsumennya. 

Pisang goreng tepung dibalur brown sugar dan diberi saos tiramisu dengan berbagai macam topping diatasnya bisa menjadi opsi pertama untuk membuka usaha jajanan kekinian. Opsi kedua adalah nugget pisang, adonan pisang dengan roti tawar yang dibentuk kotak-kotak rapi, kemudian dibalur tepung roti dan digoreng mengunakan minyak panas setelah itu diberi saos coklat dan topping sesuai dengan selera.

3. Hotang

Hotang namanya cukup unik merupakan perpaduan unik antara hot dog dan kentang. Jajanan yang satu ini cukup viral di hampir setiap sudut kota di Indonesia. Harga yang terjangkau dan porsi yang besar membuat hotang menjadi jajanan yang diminati semua kalangan. Usaha kuliner hotang tidak memerlukan modal yang besar, karena bahan dasar mudah didapat di pasar atau swalayan dan proses pembuatan yang tidak rumit.

Hotang terbuat dari sosis ayam atau sosis sapi yang ditusuk dengan tusukan sate kemudian dibalut dengan potongan kentang goreng beku dan digoreng menggunakan minyak panas.Makanan ini termasuk cukup mengenyangkan karena sudah terdapat karbohidrat dari kentang dan protein dari sosis. Jika ingin menambah kelezatan dari hotang, bisa juga menambahkan mayonaise, saos tomat, dan berbagai macam saos cocolan untuk menambah varian rasa.

4. Minuman Boba  

Demam boba merebak setelah event Boba Festival 2019 diadakan di beberapa kota di Indonesia. Berbagai macam olahan boba menjadi serbuan pecinta kuliner, item terlaris pada event itu adalah minuman boba atau boba drink

Boba adalah makanan asal Taiwan, berbentuk bulatan kecil berbahan dasar tepung tapioka. Sebenarnya makanan ini tidak memiliki rasa, namun pada proses penyajian dimasak bersama lelehan gula karamel atau madu sehingga rasanya menjadi manis. Tekstur boba yang kenyal menjadi daya tarik khas makanan ini untuk ditambahkan sebagai topping berbagai macam minuman dingin. Mulai dari milk tea, thai tea, bahkan sekarang es kopi susu pun menambahkan boba sebagai pilihan topping.

Modal yang diperlukan untuk bisnis ini tidak begitu menguras kantong jika membeli bahan mentah sendiri. Akan tetapi, jika memiliki dana lebih, mengambil lisensi waralaba minuman boba asala Taiwan dapat menjadi pilihan. Harga minuman dibanderol mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 60.000,- dapat dijadikan bahan pertimbangan model bisnis mana yang akan diambil.

5. Es Kopi

Kopi merupakan minuman wajib para anak nongkrong di seluruh Indonesia. Hampir di setiap kota mudah dijumpai kedai kopi dari harga Rp 10.000,- hingga Rp50.000,-. Budaya anak muda Indonesia yang gemar bersosialisasi di tempat ngopi menjadikan es kopi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Jika ingin memulai bisnis es kopi bisa membeli waralaba atau mencoba meracik sendiri es kopi sesuai dengan selera lidah penikmat kopi di kota masing-masing. Rasa kopi dan varian rasa menjadi kunci utama dalam membangun bisnis ini.  

Nah, dari beberapa ide inspirasi bisnis jajanan kekinian tetap diperlukan riset pasar dan tren saat ini. Sebuah bisnis dapat berjalan dan bertahan dengan baik jika terdapat kemauan dari para pelaku usaha untuk melakukan riset, inovasi dan kolaborasi dengan sesama pengusaha kuliner. Sehingga, bisnis tersebut tidak hanya sekedar usaha makanan viral namun bisa melegenda di semua kalangan.